Wisata Sejarah Budaya Melayu di Pulau Penyengat Bintan

Wisata Sejarah Budaya Melayu di Pulau Penyengat Bintan

Bintantravel.co.id – Pulau Penyengat adalah pulau kecil yang dekat dengan pulau Bintan yang berjarak sekitar 6 km dari kota Tanjung Pinang, provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berukuran sekitar 2500 meter x 850 meter, dan berjarak sekitar 35 km dari pulau Batam.

Pulau ini bisa dicapai dengan menggunakan perahu atau lebih dikenal dengan perahu pompong. Dengan menggunakan perahu pompong, dibutuhkan sekitar 15 menit perjalanan.

Pulau Penyengat merupakan sebuah pulau di Kepulauan Riau yang banyak di kunjungi wisatawan. Salah satu benda yang bisa dilihat adalah Masjid Agung Sultan Riau yang telah dibuat dari putih telur, makam para raja, makam pahlawan nasional Raja Ali Haji, kompleks Istana dan kantor blockhouse di Kursi Hill.

Pulau Penyengat di Bintan dan kompleks istana Pulau Penyengat telah dinominasikan ke UNESCO untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia. Banyaknya peninggalan warisan budaya Melayu pulau ini adalah tempat yang sempurna untuk di nikmati.

Pada masa pemerintahan Sultan Riau, pulau ini sangatlah penting karena digunakan sebagai markas besar di tanah Melayu. Itu bisa dilihat dari banyaknya peninggalan sejarah masa lalu. Selain sebagai markas untuk pemerintahan Melayu saat itu ternyata pulau ini jugalah yang menjadi benteng terdepan dalam menghadapi serangan dari penjajah Belanda.

baca juga : cara ke pulau bintan termudah dan murah

Bukti dari pusat pertahanan selama perang ini bisa dilihat dari keberadaan kastil di atas bukit. Bukit ini dikenal sebagai Bukit Kursi. Sebagai pusat pertahanan, ia memiliki beberapa meriam yang menghadap ke laut. Meriam terletak sangat strategis, yang dapat digunakan kapan saja ketika musuh mendekat.

Bagaimana menuju ke pulau Penyengat di Bintan 

Lokasi pulau ini hanya bisa dicapai melalui laut. Lokasi pulau ini sekitar 6 km dari ibu kota kepulauan Riau yakni Tanjung Pinang. Dari pulau Batam terletak sekitar 35 km dan lebih baik dimulai dari Batam dan dari Pekanbaru. Atau bila anda dari kota Tanjung Pinang bisa juga menyewa perahu motor kecil yang disebut pompong yang telah tersedia sebagai alat transportasi. Sekali jalan anda cukup membayar sekitar Rp. 5.000,00 dan Pompong dapat mengangkut hingga 20-30 orang.

Pompong ini juga bisa disewa dengan harga Rp. 50.000,- untuk sekali jalan. Seperti di kota Medan uniknya anda bisa menggunakan becak motor untuk keliling di pulau ini. Biaya menyesuaikan dengan jarak yang ingin Anda capai. Tetapi jika Anda ingin mengelilingi pulau dengan becak motor, maka Anda dapat dikenai biaya sebesar Rp. 20.000,-

Jika anda berniat untuk mengunjungi pulau Penyengat yang unik ini, ada baiknya anda menggunakan jasa travel agent. Selain lebih mudah dan murah, dengan bergabung dalam sebuah paket tour Bintan murah di Travel juga lebih aman dan nyaman. Rekomendasi dari kami adalah Bintan Travel, travel yang sudah berpengalaman dan juga terpercaya dan resmi. Silahkan anda hubungi nomor kontak berikut +62 812 641 26 333 untuk informasi paket wisata ke pulau ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp us