Seni Dan Budaya Di Batam

bintantravel.co.id – Apa yang pertama kali terlintas di kepala Anda begitu mendengar Batam? Pulau yang juga merupakan kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau ini sering kali dikenal sebagai kawasan transit perdagangan atau komoditas karena lokasinya yang sangat strategis, terutama di jalur pelayaran. Selain itu, banyak juga orang yang mengenal Batam sebagai destinasi untuk disinggahi jika mereka akan pergi ke Singapura, termasuk untuk berlibur.

Padahal, Batam juga memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya juga layak untuk dijelajahi sebagai tujuan wisata Anda berikutnya! Apalagi sudah ada berbagai Paket Tour Batam yang menarik untuk Anda pilih agar liburan Anda di Batam semakin mengesankan dan nyaman.

Nah, sebelum Anda akhirnya berangkat untuk berlibur ke Batam, alangkah baiknya jika Anda kenali dulu berbagai seni dan budaya Batam yang unik dan pastinya menarik. Apalagi ada pengaruh budaya Melayu di dalam budaya Batam, mengingat letak geografisnya.

Aneka seni dan budaya di Batam :

Rumah Adat di Batam

Salah satu rumah adat di Batam yang terkenal bernama Rumah Limas Potong. Rumah panggung tradisional ini memiliki bentuk khas, dengan jarak antara rumah dengan permukaan tanah kira-kira 1,5 meter. Atapnya menyerupai bentuk limas yang dipotong. Total, ada 5 bagian di dalam rumah adat ini: teras, ruang depan, ruang tengah, ruang belakang untuk kamar tidur, dan dapur.

Kesenian Tari di Batam

Berikut ini adalah 2 jenis tarian tradisional dari Batam:

  1. Tari Melemang

Asal tarian ini sebenarnya adalah Tanjungpisau Negeri Bentan Penaga, Bintan, Kepulauan Riau. Dulunya, Tari Melemang hanya bisa dipertonton kan untuk kalangan keluarga Kerajaan Bentan dan ditampilkan oleh para dayang. Tapi, begitu Kerajaan Bentan runtuh, tarian ini pun berubah jadi pertunjukan seni bagi rakyat.

  1. Tari Zapin

Tarian ini memiliki pengaruh dari Arab yang kuat dan biasanya ditampilkan untuk menyambut tamu kehormatan. Dalam perkembangannya, Tari Zapin pun menjadi beberapa jenis. Misalnya Tari Zapin Bengkalis, Penyengat, Tembong, Silang Berempat, dan sebagainya. Dan masing-masing jenis Tari Zapin tersebut pun memiliki makna yang berbeda-beda. Contohnya Tari Zapin Tembong memiliki unsur bela diri, sementara Tari Zapin Bengkalis menggambarkan kegembiraan para pemuda dan pemudi dalam menunjukkan cinta mereka.

Pakaian Adat Khas Batam

Pada dasarnya, pakaian budaya adat khas Batam nyaris serupa dengan pakaian adat Kepulauan Riau. Untuk pria, pakaian yang dikenakan adalah atasan baju Melayu yang bernama teluk belanga.

Setelannya sendiri terdiri atas kain sampan, celana, dan penutup kepala yang juga dikenal dengan nama sangkok. Kain sampan yang dikenakan umumnya memiliki corak dan warna yang sama dengan baju atasan.

Sedangkan untuk wanita, setelannya terdiri atas baju kurung, selendang, dan kain. Penggunaan selendang adalah dengan disampirkan di bahu. Dan karena pengaruh Melayu serta Islam yang kuat dalam asal-muasal pakaian adat Bata ini, pakaian wanita yang dikenakan bukan hanya untuk melindungi tubuh dari cuaca, tapi juga untuk menutupi aurat.

Senjata Tradisional Batam

Badik Tumbuk Lada adalah nama senjata tradisional khas Batam maupun Kepulauan Riau. Ini merupakan sejenis keris dengan bilah yang menyerupai bedik yang berasal dari Sulawesi. Namun, sarungnya memiliki desain yang berbeda. Selain itu, ada benjolan bundar dengan ukiran tumbuhan yang menghiasi bagian pangkal sarung badik tradisional Batam. Fungsi dari senjata yang tergolong pendek ini adalah untuk mengiris dan menikam, sehingga berguna di dalam pertarungan jarak pendek. Panjang bilah berkisar antara 27 sampai 29 cm, dengan lebar bilah sekitar 3,5 sampai 4 cm.

Lagu Daerah Khas Batam

Beberapa lagu tradisional khas Batam maupun Kepulauan Riau yang terkenal adalah Lagu Karo Batam Pekan, Zapin Melayu Laksamana Raja di Laut, dan Hang Nadim Pulau Batam.

Itulah rangkuman singkat tentang seni serta budaya di Batam. Dan jika anda ingin berwisata atau liburan ke Batam dan Singapore, silahkan hubungi travel agen kesayangan anda untuk mendapatkan harga yang murah dan terbaik. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati liburan dengan Paket Tour Batam pilihan AndA!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp WhatsApp us