Program Konservasi Penyu Pulau Bintan

Paket wisata bintan – Bukan hal terlalu berlebih apabila menyatakan alam Indonesia luar biasa, Bentang alam dan kekayaan yang di kandung bumi nya serta keanekaragaman flora dan fauna juga species langka yang hampir punah masih di temukan di bumi Indonesia, tidak kah kita wajib mensyukurinya ?

Contoh saja, keberadaan enam dari tujuh spesies penyu di dunia ada di Indonesia. Empat diantaranya apalagi menjadikan perarian dan pantai Indonesia sebagai area bertelur. Sebagaimana Kecendrungan penyu laut kawin di area perairan dingin dan bertelur. Di perairan yang bersuhu lebih hangat layaknya di area kepulauan Indonesia.

Pantai pantai Pulau Bintan adalah keliru satu area di Indonesia yang masih banyak di temukan penyu bertelur. Ini pertanda bahwa masih terjaga nya perairan dan pantai di sekitaran pulau Bintan. Supaya penyu masih nyaman menetetaskan telur telurnya.

Beberapa area sering dijadikan area penyu bertelur. Layaknya di area teluk sebong dan selama garis pantai anggota utara pulau Bintan.

Pertumbuhan yang benar-benar lambat dan ancaman predator yang benar-benar besar pada penyu. Memicu spesies penyu terancam benar-benar serius. Apalagi sebuah organisasi konservasi sumber energi alam Internasional IUCN telah memasukkan penyu. Dalam “Red Label” atau makhluk hidup yang benar-benar terancam populasinya.

Penyu mempunyai siklus puluhan tahun untuk bisa bertelur kembali. Dari ratusan telur di perkirakan hanya 3% yang bertahan tumbuh hingga jadi penyu dewasa. Itu pun belum juga problem predator alam dan manusia yang mengancam pertumbuhan jumlah penyu. Pulau Mapur Bintan, Pantai – Pantai Indah Tersembunyi di Bintan

Program Konservasi Penyu Pulau Bintan

Pulau Bintan selain masih jadi area yang nyaman untuk penyu bertelur, sekaligus jadi area yang mengancam bagi penyu bertelur, hal itu di memicu keperluan dapat pariwisata yang terus meningkat, memicu pantai pantai alami beralih faedah jadi resort resort komersial yang secara tidak langsung menggusur area penyu bertelur.

Penyu condong dapat ulang ulang ketempat di mana ia dulu bertelur dalam waktu puluhan tahun, bisa saja waktu ini penye bertelur di sebuah pantai yang masih alami, tapi sebagian puluh tahun lantas area tersebut telah beralih bentuk jadi resort resort komersial.

Peran pemerintah dan pengelola wisata wajib aktif membantu konservasi, terutama penyu. Salah satu contoh perlindungan atas nilai konservasi dari pihak pengelola wisata adalah yang dilakukan oleh ClubMed Bintan bersama dengan sebuah program konservasi penyu secara terus menerus.

Penyu penyu berkunjung ke pantai mereka untuk bertelur, dan tim konservasi dari resort tersebut memelihara telur dan mengkarantina untuk lantas di tetaskan dan di lepaskan ulang ke laut.

Beberapa waktu selanjutnya komunitas konservasi Penyu Club med bintan telah berhasil melewatkan 100 ekor penyu yang dilakukan secara bersama dengan serupa bersama dengan pengunjung resort, kesibukan tersebut secara tidak langsung meng-edukasi bahwa bahwa mutlak nya membantu program konservasi.

Author: Bintan Travel

Bintan Travel adalah sebuah biro perjalanan wisata resmi di Pulau bintan menyediakan aneka paket wisata Bintan, Batam, Singapore murah berkualitas. Kantor pusat kami ada di Medan - Sumatra utara Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp WhatsApp us