Jembatan Barelang Batam

Paket wisata batam murah – Batam, tidak cuman kondang sebagai kota industri, kota ini juga memiliki pesona wisata yang tidak kalah menariknya dari kota-kota lain di Indonesia.

Salah satu objek wisata yang mampu Anda temui saat mampir ke Batam adalah Jembatan Barelang. Adapun Nama Jembatan Barelang itu diambil dari nama BAtam, REmpang, dan GAlang.

Jembatan selama 642 m ini menghubungkan Pulau Batam dan Pulau Tonton. Dengan pakai konstruksi cable stayed yaitu kabel baja besar yang digunakan sebagai pengikat jembatan. Ujung-ujung kabel terikat di tepi jalur dalam jarak khusus dan di anggota atasnya terkumpul terhadap satu titik di atas puncak tonggak beton yang tingginya 200 m, jembatan ini tak jarang dijadikan wilayah untuk berfoto. “Welcome to Batam” Salah Satu Ikon Kota Batam

Sepintas mata memandang, jembatan ini mirip dengan golden gate yang terletak di San Fransisco Amerika Serikat, maka dari itu tak heran banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan pemandangan di jembatan yang jaraknya kurang lebih 20 KM dari pusat kota Batam.

Oleh pemerintah Kota Batam, jembatan yang juga sering disebut Jembatan Habibie ini dinobatkan sebagai simbol kota Batam.

Pulau terkecil yaitu Pulau Tonton, Nipah dan Setotol (dianggap sebagai anggota dari Pulau Batam) menghubungkan Batam dan Rempang. Seluruh wilayah Barelang mencakup 715 km².

Total bentangan dari ke-6 jembatan selanjutnya mencapai 2 kilometer. Berkeliling dari jembatan pertama hingga dengan terakhir menggunakan saat kurang lebih 50 menit. Pembangunan jembatan ini di awali terhadap tahun 1992 dan diambil dari nama-nama Sultan di Riau yang berkuasa terhadap tahun ke 1500 – 1800an.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp WhatsApp us