Info Tentang Pulau Bintan

Profile Pulau Bintan

Paket tour bintan 5 hari 4 malam– Secara Geografis Pulau Bintan terdapat 10 km disebelah timur Pulau Batam dan punyai luas wilayah 1.100 km2 = 170luas Singapura. Tambelan terdapat 190 mil disebelah timur Pulau Bintan dan punyai luas wilayah 164.9 km2 = 26,8luas Singapura

Batas wilayah Kabupaten Bintan adalah :

  • Sebelah utara Kabupaten Natuna;
  • Sebelah selatan Kabupaten Lingga;
  • Sebelah barat Kabupaten Karimun dan Kota Batam;
  • Sebelah timur Provinsi Kalimantan Barat.

Dengan terbentuknya kota tanjungpinang sebagai wilayah administratif menuntut terdapatnya persiapan berasal dari pemerintah Kabupaten Kepulauan Riau untuk memilih pusat pemerintahannya.

Pada tanggal 8 oktober 2003 melalui ketetapan dprd no. 75/kpts/dprd/2003 udah ditetapkan desa Bintan Buyu sebagai Ibukota Kabupaten Kepulauan Riau. Ibu kota Kabupaten Kepulauan Riau di desa Bintan Buyu selanjutnya diberi nama Bandar Seri Bentan dan diperkuat bersama dengan peraturan pemerintah nomor 38 th. 2004 mengenai penetapan wilayah Ibu kota Kabupaten Kepulauan Riau. Dengan terbentuknya Provinsi Kepulauan Riau, maka melalui hak inisiatif DPRD Kabupaten Kepulauan Riau udah diusulkan nama Kabupaten Kepulauan Riau jadi Kabupaten Bintan.

Luas Wilayah

Luas wilayah Kabupaten Bintan raih 87.777,84 km², namun luas daratannya hanya 1,49 %,1.319,51 km² saja. Kecamatan terluas adalah kecamatan gunung kijang bersama dengan luas 344,28 km dan kecamatan terkecil adalah tambelan yakni 90,96 kilometer persegi.

Kabupaten Bintan waktu ini hanya terdiri berasal dari 241 buah pulau besar dan kecil. Hanya tinggal 49 pulau diantaranya yang udah dihuni, dan sisanya  belum berpenghuni lebih dari satu tetapi sudah dimanfaatkan untuk kesibukan pertanian, khususnya usaha perkebunan.

Iklim

Pada kebanyakan daerah Kabupaten Bintan beriklim tropis dengan temperatur terendah 23,9 derajat celcius dan tertinggi rata-rata 31,87 derajat celcius dengan kelembaban hawa kurang lebih 85 persen. Wisata Pantai Sebong Pereh Bintan

Daftar Obyek Wisata di Pulau Bintan

Kecamatan Teluk Sebong :

  • Lagoi Resort
  • Desa Wisata Sebong Pereh
  • Pantai Wisata Sebong Pereh
  • Makam Datok Penaon

Kecamatan Teluk Bintan :

  • Air Terjun Gunung Bintan
  • Goa Gunung Bintan
  • Danau ex-galian Bauksit

Kecamatan Gunung Kijang :

  • Pantai Tri Kora
  • Km. 35, 51 dan 52

Kecamatan Bintan Timur :

  • Air Terjun Gunung Lengkuas

Kecamatan Bintan Utara :

  • Pantai Sakera
  • Pantai Sungai Lepah

Kecamatan Tambelan :

  • Makam Sultan Abdurrahman
  • Teluk Abik
  • Teluk Penepat
  • Pulau Bungin

Kecamatan Bintan Pesisir :

  • Pulau Mapu
  • Pantai Nikoi dan Mangkil

Kecamatan Toapaya :

  • Perkebunan Buah Naga
  • Pulau Nenas

Desa dan Kelurahan Bintan

  1. Kecamatan Bintan Utara:

 Kelurahan Tanjung Uban Utara

 Kelurahan Tanjung Uban

 Kelurahan Tanjung Uban Selatan

 Kelurahan Tanjung Uban Timur

 Desa Lancang Kuning

  1. Kecamatan Teluk Sebong:

 Kelurahan Kota Baru

 Desa Sebong Pereh

 Desa Sebong Lagoi

 Desa Ekang Anculai

 Desa Sri Bintan

 Desa Pengudang

 Desa Berakit

  1. Kecamatan Teluk Bintan:

 Kelurahan Tembeling Tanjung

 Desa Penaga

 Desa Pengujan

 Desa Bintan Buyu

 Desa Tembeling

 Desa Pangkil

  1. Kecamatan Gunung Kijang:

 Kelurahan Kawal

 Desa Malang Rapat

 Desa Teluk Bakau

 Desa Gunung Kijang

  1. Kecamatan Bintan Timur:

 Kelurahan Sungai Lekop

 Kelurahan Gunung Lengkuas

 Kelurahan Kijang Kota

 Kelurahan Sei Enam

  1. Kecamatan Tambelan:

 Kelurahan Teluk Sekuni

 Desa Batu Lepuk

 Desa Kampung Melayu

 Desa Kampung Hilir

 Desa Pulau Pinang

 Desa Mentebung

 Desa Pengikik

 Desa Kukup

  1. Kecamatan Toapaya:

 Kelurahan Toapaya Asri

 Desa Toapaya

 Desa Toapaya Selatan

 Desa Toapaya Utara

  1. Kecamatan Mantang:

 Desa Mantang Lama

 Desa Mantang Besar

 Desa Mantang Baru

 Desa Dendun

  1. Kecamatan Bintan Pesisir:

 Desa Mapur

 Desa Numbing

 Desa Kelong

 Desa Air Kelubi

10 Kecamatan Sri Kuala Lobam:

 Kelurahan Teluk Lobam

 Kelurahan Tanjung Permai

 Desa Kuala Sempang

 Desa Busung

 Desa Teluk Sasah

Pariwisata Lagoi

Apabila Anda tengah di dalam perjalanan wisata berasal dari Kota Tanjungpinang menuju Kota Tanjunguban, ditengah-tengah perjalan terkandung sebuah kawasan wisata yang sangat indah yakni kawasan wisata Lagoi Resort. Kawasan wisata Lagoi Resort terdapat di sebelah Utara Pulau Bintan, tiap-tiap weekend kawasan wisata lagoi di penuhi oleh pelancong yang dating berasal dari bermacam Negara. Disana terkandung Resort-resort yang sangat indah dan udah terkenal sampai kemancanegara. Salah satunya adalah Resort Banyan Tree Bintan. Bayan Tree Bintan termasuk sangat dikenal sebagai daerah SPA yang terdapat di tengah-tengah sebuah lingkungan alami yang indah, paviliun SPA Bayan Tree Bintan menawarkan privasi bersama dengan pelayanan teristimewa yang memanjakan.

Banyan Tree SPA manfaatkan pendekatan secara harmoni untuk kesejahteraan fisik dan spiritual. Perawatan pijat berdasarkan tehnik paduan Timur dan Barat. Ritual kecantikan dan kesehatan manfaatkan minyak aromatik, tanaman herbal dan rempah-rempah bersama dengan metode penyembuhan kuno, layaknya pijat Royal Banyan, Thai Healer, Balinese Boreh, Javanese Lulur, Hawaian Lomi Lomi, dan banyak lagi.

Apabila kamu tertarik untuk berwisata ke Bayan Tree Bintan, selanjutnya adalah alamat Bayan Tree resort Jl. Site A4 Lagoi, Pulau Bintan.

Resort Skala Internasional

Kawasan Wisata Bintan Resort membawa sebelas pilihan Resort dan Hotel yang berskala internasional, yakni : Angsana Resort dan Spa Bintan, Banyan Tree Bintan Banyu Biru Villas, Bintan Lagoon Resort, Bintan Lagoon Resort Villa, Bintan Lodge, Club Med Ria Bintan, Indra Maya Villas, Mana Mana Beach Club, Mayang Sari Beach Resort dan Nirwana Resort Hotel. Resort dan Hotel di kawasan wisata Bintan Resort menyajikan fasilitas – fasilitas hiburan berkelas internasional layaknya : Spa, Golf Course, Restaurant dan Bar dan juga Water Sport. Keamanan dan kenyamanan wisatawan adalah prioritas utama di kawasan wisata Bintan Resort.

Kawasan Wisata Bintan Agro Resort, menghadirkan Resort dan Hotel yang kaya akan fasilitas-fasilitas hiburan berskala internasional yang siap memanjakan wisatawan yang berkunjung. Restaurant di atas laut (Kelong) menghadirkan romantisme yang menarik untuk dicoba. Paket-paket wisata yang suguhkanya tidak kalah menariknya, layaknya apabila Wisata Agro atau wisata kebun. Wisatawan akan diajak untuk menikmati hamparan kebun buah dan sayur yang terhampar luas. Tanaman sayur layaknya : kangkung, kaylon, pokcoi (sawi hijau) dan lainnya siap menyambut kedatangan wisatawan layaknya “Karpet Hijau”. Sedangkan tanaman buah-buahan, layaknya : durian, jeruk, nanas, rambutan, mangga, jagung dan masih banyak lagi lainnya, siap beri kesegaran keadaan berwisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp us