Bukit Panglong, Bekas Area Tambang yang Jadi Tempat Rekreasi

Paket tour bintan – Sudah banyak misal bekas area tambang yang bermetamorfosa menjadi area wisata keren. Sebagai misal di pulau Jawa ada Brown Canyon di perbatasan Semarang, Bukit Jaddih di Madura dan tetap banyak lagi. Fenomena seperti ini ternyata juga dijumpai di luar pulau Jawa tepatnya di Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

Warga Bintan mengenal area ini sebagai Bukit Panglong. Warga asli kabupaten Bintan tentu dulu memandang bahwa kawasan ini dulunya merupakan sebuah bukit yang cukup tinggi di daerahnya. Bukit selanjutnya menyimpan sumber daya bersifat batu granit yang melimpah.

Hingga suatu hari, batuan granit di Bukit Panglong menjadi di eksplorasi oleh PT Bukit Panglong. Bukit granit di kawasan Kijang selanjutnya tetap dieksploitasi bersama dengan cara pengerukan sampai di bom. Dalam kurun saat yang lama bukit selanjutnya berubah menjadi sebuah kawah bersama dengan kedalaman sampai 50 meter. Oasis indah yang menyegarkan mata Telaga Birun Bintan

Kawah selanjutnya kemudian terisi oleh air yang berasal dari hujan dan juga sumber air tanah. Alih-alih kotor dan keruh, air yang isi lubang bekas galian tambang selanjutnya malah nampak jernih dan bersih. Saat cuaca cerah apalagi airnya bakal nampak berwarna biru. Hal inilah yang mengakibatkan area Bukit Panglong menjadi eksis di kalangan traveler.

Traveler yang didominasi anak muda memang senang bersama dengan tempat-tempat baru. Meski statusnya bukan obyek wisata komersil tapi Bukit Panglong bersama dengan telaga birunya ini menjadi area rekreasi yang mengasyikkan apalagi pengunjung yang datang tidak dipungut cost and mendapat bonus pemandangan yang keren.

Pemerintah Kabupaten Bintan pun ikut memahami potensi yang ada di Bukit Panglong. Mereka tidak cuma memandang dari sisi ekonomis saja tapi juga melihatnya sebagai aset besar untuk digunakan sebagai sumber air bersih warga Bintan. Penelitian tentang kelayakan air di danau ini pun tengah ditunaikan dan tidak bisa saja suatu hari nanti Kawasan Bukit Panglong bakal berubah menjadi kawasan wisata terpadu. Pernah datang ke Bukit Panglong?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp us
Sabun transparan ADEV NaturalSabun transparan ADEV Natural