Menjelajahi Obyek Wisata Kampung Vietnam Pulau Galang Batam

Paket wisata bintan – Kampung ini terdapat di Pulau Balang. Sedikit kisah sejarah berasal dari Kampung Vietnam di Pulau Balang ini, dulunya kampung ini punyai kisah yang tragis.

Pada tahun 1979 kampung ini dijadikan daerah pengungsian.  Oleh ratusan ribu warga Vietnam akibat perang saudara di negaranya.

Warga Vietnam yang sedang dilanda perang tersebut. Selanjutnya wajib senang mengarungi lautan yang luas demi menyelamatkan diri berasal dari perang saudara tersebut.

Menjelajahi Obyek Wisata Kampung Vietnam

Hingga selanjutnya mereka terdampar di suatu pulau di lokasi Indonesia, yaitu Pulau Galang ini.

Berdasarkan persetujuan berasal dari pemerintah Indonesia. Selanjutnya ratusan ribu pengungsi tersebut diijinkan mentep di kawasan Pulau Balang.

Mereka diberikan fasilitas dan prasarana fungsi membantu kehidupan mereka.

Mereka hidup dan tumbuh di sebuah kampung yang kala ini diberi nama Kampung Vietnam. Hingga pada tahun 1996, sedikit demi sedikit warga Vietnam tersebut dipulangkan ke negara asalnya.

Kampung Vietnam

Dengan dipulangkannya semua warga Vietnam ini meninggalkan lahan kosong di kampung ini. Sehingga jangan heran jikalau anda singgah ke Batam. Ini anda dapat menemui sebuah kampung tak berpenghuni.

Ya, jikalau anda singgah ke Kampung Vietnam. Anda dapat tidak dapat menemui satu orang Vietnam, hanya kampung kosong.

Tetapi jangan salah, kendati daerah ini kosong dapat tetapi peninggalan-peninggalan berasal dari pengungsi Vietnam. Masih dijaga dan dilindungi sampai kala ini. Terhitung rumah-rumah yang udah banyak rusak, museum, daerah ibadah, dan ada terhitung monumen perahu. Monumen Perahu ini sebenarnya sebuah perahu/ kapal yang digunakan oleh pengungsi Vietnam untuk sampai ke lokasi Indonesia.

Sejarah Kampung Vietnam

Pertama anda sampai ke Kampung Vietnam ini, anda dapat menjumpai sebuah patung yang diberi nama Patung Kemanusiaan atau Taman Humanity. Patung ini dibangun dalam rangka mengenang kisah tragis keliru satu pengungsi perempuan yang wajib mati bunuh diri gara-gara peristiwa pemerkosaan oleh sesama pengungsi. Kebun Raya Batam makin Cantik dan Menarik

ak jauh berasal dari Patung Kemanusiaan, anda terhitung dapat menjumpai sebuah pemakaman yang diberi nama Ngha Trang Grave. Makam ini dibangun sebenarnya dikhususkan untuk pemakaman pengungsi Vietnam. Apalagi kala pegungsi berasal dari Vietnam ini banyak yang menderita berbagai macam penyakit yang berbahaya seperti penyakit kelamin Vietnam Rose. Lebih berasal dari 500 pengungsi Vietnam udah dimakamkan di Ngha Trang Grave.

Di Kampung Vietnam ini terhitung terkandung daerah ibadah yang digunakan oleh pengungsi kala itu. Walau usianya udah lama, dapat tetapi daerah ibadah ini masih sanggup digunakan sampai sekarang. Tempat ibadah yang udah berhasil dibangun dan masih berfaedah sampai saat ini antara lain Vihara Quan Am Tu, gereja Katolik Nha Tho Duc Me Vo Nhiem, gereja Protestan, dan mushola.

Ada satu lagi daerah yang sanggup anda kunjungi di Kampung Vietnam ini, yaitu Monumen Perahu. Monumen ini berwujud 3 buah perahu yang digunakan pengungsi Vietnam yang terdampar di Pulau Galang.

Ketiga perahu tersebut oleh pemerintah berhasil ditarik ke daratan untuk diperbaiki dan dijadikan sebuah monumen untuk mengenang perjuangan dan penderitaan para pengungsi Vietnam sepanjang mereka mengungsi.

So, Kampung Vietnam ini sebenarnya pantas untuk dijadikan destinasi wisata anda selanjutnya. Jika anda tertarik untuk berkunjung ke obyek wisata Kampung Vietnam, anda sanggup menempuhnya bersama melalui Jembatan Barelang yang sebenarnya membuka ke Pulau Balang.

Pulau Balang ini letaknya di ujung Jembatan Barelang. Kampung Vietnam jaraknya tidak cukup lebih 50 km berasal dari pusat Kota Batam. Anda terhitung sanggup menempuhnya menggunakan kendaraan teristimewa atau naik angkutan Metro Trans jurusan Jodoh – Galang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp WhatsApp us