Liburan Tanpa Sampah Plastik, Ikuti 6 Tip Ini

Paket wisata batam – Ketua Satuan Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental Gerakan Indonesia Bersih, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Pamuji Lestari, mengatakan sementara ini Indonesia masih disorot sebagai keliru satu penyumbang sampah plastik terbesar ke-2 di dunia.

“Kami percaya obyek ini dapat tercapai jikalau semua warga negara turut serta di dalam program pengurangan sampah plastik bersama aksi 3R yakni yakni Reduce (mengurangi Sampah) Reuse (pemanfaatan ulang) dan Recycle (Daur Ulang), ” papar Pamuji.

Data berasal dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia raih 64 juta ton per tahun. Jumlah sampah plastik itu makin lama makin tambah disaat musim liburan.

Aktivis lingkungan Siska Nirmala pun berharap masyarakat untuk mampu mengendalikan produksi sampah terutama terhadap sementara musim liburan. Berikut tip darinya.

1.Perencanaan serba ramah lingkungan

Perencanaan jadi kunci utama. Tentukan destinasi liburan, transportasi dan daerah menginap yang ramah lingkungan di dalam pengelolaannya. Bahkan terhitung bila mampir ke daerah makan sebaiknya, restoran yang ramah lingkungan. Di hotel sebaiknya menjauhi pemakaian air, dan handuk serta layanan lain secara berlebihan.

2. Bekal botol minum dan alat makan

Membawa botol minum sendiri dan mampu diisi lagi sementara di hotel. Membawa bekal camilan pun sebaiknya tidak di dalam kemasan plastik tapi di dalam wadah yang mampu dicuci dan digunakan lagi bila membeli makanan di dalam perjalanan. Tips Packing Anti Ribet untuk Traveler Wanita

3. Hindari peralatan makanan sekali pakai

Dalam perjalanan umumnya wisatawan sering mendapatkan penjaja makanan di dalam kemasan plastik atau stereofoam bersama garpu dan sendok plastik juga. Hindari, membeli makanan di dalam kemasan layaknya itu.

4. Bawa saputangan atau handuk kecil

Hindari terhitung pemakaian tisu di dalam jumlah banyak selama liburan. Lebih baik memakai saputangan atau bawa handuk kecil untuk melap keringat atau lengan yang kotor.

5. Makan tidak berlebihan

Jangan beranggapan dikarenakan tengah liburan, wisatawan tidak menghindar diri sementara makan dan minum. Tetap menjaga porsi, tak hanya menyehatkan tapi terhitung tidak mengakibatkan terdapatnya sisa terhadap piring makanan. Sebaiknya terhitung mempunyai wadah, sehingga disaat ada sisa, mampu dibawa pulang.

6. Pilih-pilih aktivitas

Lebih baik memilih kegiatan selama liburan bersama kendaraan tanpa bahan bakar. Misal sementara di laut, coba untuk snorkeling atau bermain kano. Dan sementara menyusuri desa ke desa lebih baik naik sepeda atau kendaraan sejenis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp us
Sabun transparan ADEV NaturalSabun transparan ADEV Natural