Air Terjun Gunung Lengkuas Bintan

Air Terjun Gunung Lengkuas Bintan

Paket wisata batam – Kabupaten Bintan tidak cuma kaya potensi wisata pantai yang telah kondang di dunia tapi terhitung pesona alam yang tetap perawan. Satu diantaranya Air Terjun Gunung Lengkuas yang terdapat di kelurahan Gunung Lengkuas. Kecamatan Bintan Timur kabupaten Bintan kondisinya tetap alami berada di kawasan hutan lindung. Kilometer 22 berasal dari Tanjungpinang.

Untuk menuju ke lokasi tersebut. Jalur telah beraspal bagus kurang lebih dua kilometer setelah belok ke kanan berasal dari pertigaan simpang jalur arah Gunung Lengkuas.

Jika wisatawan bergerak berasal dari Tanjungpinang. Kemudian menyusuri jalur tanah 500 mtr. sampai sampai di sebuah pondok kecil di sedang kebun sayur. Di area inilah kendaraan diparkir sesudah itu jalur kaki melintasi jalur tanah setapak sejauh kira kira satu kilometer.

“Kendaraan diparkir di sini safe dan tolong dikunci. Jangan sampai kendaraannya tertinggal atau keliru ambil milik orang lain. Pesan Pak Nasib seorang warga yang mengolah lahan pertanian di tepi hutan lindung Gunung Lengkuas.

Dia mempersilakan agar seluruh kendaraan diparkir di kebunnya tanpa dipungut biaya. Demikian terhitung ketua RW 04 Kelurahan Gunung Lengkuas. Mempersilakan wisatawan nikmati indahnya alam hutan lindung dan air terjung Gunung Lengkuas asal tidak membawa dampak kerusakan dan senantiasa pelihara lingkungan.

Sepanjang jalur ini di sebelah kanan terhampar tanaman sayur mayur, kebun jeruk, mangga dan rerumputan. Sedangkan di sisi kiri adalah hutan lindung dengan beraneka style tanaman kecil dan besar.

Tidak jarang ada ilalang atau tanaman style rambat yang lebat di hutan menutupi lintasan jalur setapak ini menaikkan kesejukan di sementara keringat yang mengucur akibat jalur kaki yang menyehatkan.

Air Terjun Gunung Lengkuas Bintan

Tim Batam dengan para mahasiswa Universitas Raja Ali Haji (UMRAH) yang berjumlah 8 orang mengadakan ekspedisi ke objek wisata Air Terjun Gunung Lengkuas yang tetap perawan terhadap Kamis 2 Juni 2011 dengan target mengangkat dan memperkenalkan potensi wisata alam di pulau Bintan ke dunia internasional. Ide ini terlihat untuk mendukung dan memajukan pariwisata di Kepulauan Riau.

Air Terjun Gunung Lengkuas sebetulnya telah kerap dimasukkan di dalam paket wisata sebagian hotel atau tour plus travel di Bintan Batam, Tanjungpinang maupun Singapura dan Malaysia tapi belum ada foto atau dokumentasi visual objek alam tersebut.

Keberangkatan tim ekspedisi dimulai pukul 14.00 setelah hujan reda. Beruntung jalur tanah yang dilewati tidak becek, bukan gara-gara padat kerap dilintasi kendaraan berat akan tapi sebetulnya style tanahnya yang keras dan berbatu.

Setelah jalur kaki kurang lebih 30 menit sambil nikmati pemandangan hutan lindung yang rindang dan sesekali terdengar kicau burung di atas pepohonan, selanjutnya sampai ke sebuah air terjun yang nampak indah. Beberapa puluh mtr.

Sebelum saat sampai di lokasi telah terdengar suara gemericik jatuhnya air kendati pemandangan asli belum nampak mata agar menaikkan penasaran menginginkan langsung tiba.

Benar saja, air bening berderai nampak di depan mata yang berjatuhan berasal dari ketinggian kurang lebih 50 meter, di kelilingi pepohonan besar dan rindang. Sudah bisa dipastikan, air itu dingin dan bening, berderai putih layaknya buih di lautan menerpa batu karang.

Lokasi Air Terjun Gunung Lengkuas

Di lokasi itu ada kolam berukuran kurang lebih 6 x 10 mtr. dengan kedalaman 1,5 mtr. berisi air bening dibatasi tanggul semen. Di dekat kolam itu terhitung ada dua bangunan balai balai berukuran 3 x 3 mtr. memanfaatkan beton kokoh. Tertulis angka th. pembangunan 2006. Di sisi bawah terkandung toilet lazim yang nampak kumuh tidak terawat.

Ketika tim ekspedisi dengan mahasiswa UMRAH sampai di lokasi itu, ada sekawanan remaja yang mengaku berasal berasal dari Kijang sedang berenang di kolam.

Kemudian selang sebagian jam terhitung singgah kurang lebih 20 remaja putra putri berasal dari Kijang yang singgah untuk bermain di Air Terjun Gunung Lengkuas. “Kami telah biasa berenang di sini. Hampir tiap hari libur kami dengan kawan ke sini untuk main dan berekreasi,” kata seorang remaja yang tetap basah kuyup kepalanya. Vihara Avalokitesvara Terbesar di Asia Tenggara Pulau Bintan

Objek Air Terjun Gunung Lengkuas ini tingginya kurang lebih 50 mtr. berasal dari permukaan kolam. Air yang terjatuh berasal dari sumber alam itu tidak jatuh langsung ke kolam akan tapi mengenai bebatuan hitam yang kini telah halus dan licin. Walau cuaca usai hujan tapi airnya tidak keruh.

Air terjun itu layaknya bertangga tangga ada tiga, masing masing setinggi kira kira 5 mtr. dan sebagian kembali airnya menyusuri bebatuan hitam. Di samping kiri dan kanan adalah pepohonan hutan lindung, yang tidak ada batunya.

Sesudah itu naik ke pangkal atau pucuk asal air terjun dengan mendaki lewat samping air terjun. Di atas air terjun itu terkandung parit alami dengan basic batu cadas yang keras. Airnya bening layaknya berasal berasal dari sumber mata air alam, dan tentu saja di area itu pepohonan tinggi dan juga rapat rimbun.

Cuaca Area Air Terjun Gunung Lengkuas

Walau cuaca panas, air di area ini dingin. Cocok bagi wisatawan yang hobi berpetualang di alam terbuka, jauh berasal dari hiruk pikuk kemacetan lantas lintas kendaraan dan asap mengepul.

Udaranya segar alami kendati terik mentari panas tapi tidak membakar kulit gara-gara terkendala rimbunnya pepohonan yang tinggi. Rasa lelah jalur kaki menyusuri tanah sejauh satu kilometer terbobati dengan mandi di Air Terjun Gunung Lengkuas.

Di lokasi ini tidak ada orang berjualan makanan atau minuman. Walau ada balai balai pun tampaknya jarang dipakai. Belum ada Info konsep pengembangan wisata alam ini untuk dikelola investor maupun pemerintah. Lokasinya air terjun berada di di dalam lokasi hutan lindung agar terjaga tetap perawan dan alami.

Tidak nampak di area itu pepohonan yang rusak dicabut atau ditebang. Pengunjung cuma nikmati mandi air terjun, berenang sesudah itu pulang.

Beberapa lintasan jalur setapak yang menerabas sedang hutan terhitung arahnya menuju ke puncak sumber air terjun. Belum nampak ada bekas lintasan atau kerap dijejaki kaki orang menuju ke sedang hutan. Selama mendatangi lokasi ini tidak bertemu hewan liar jika sebagian ekor burung yang berkicau di pucuk pepohonan.

Dengan terangkatnya objek wisata Air Terjun Gunung Lengkuas bisa menaikkan koleksi target wisata alam di pulau Bintan yang telah lebih dahulu mendunia layaknya Pulau Penyengat, Pantai Trikora, Sungai Sebong, Gunung Bintan, pantai Lagoi, Pantai Trikora dan lain lain.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Guntur Sakti menyambut baik upaya mengangkat potensi pariwisata alam di Kepri. “Kita benar-benar mendukung apa yang dijalankan kawan kawan untuk mengangkat potensi wisata alam di Kepulauan Riau” kata Guntur dimintai tanggapannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp WhatsApp us